Thursday, September 20, 2012

Review Pasar Saham untuk 21 September 2012

Bursa Amerika ditutup Mixed cenderung Turun. Karena Perlambatan Ekonomi Global dan Data Manufaktur.  S&P -0.05%, Nasdaq -0.21, Dow Jones +0.14%. Penulis tetap cukup yakin, Bursa Saham bisa saja Turun, tetapi tidak Crash paling tidak sampai Pemilu Presiden AS November. Obama dan Ben mestinya tidak akan membiarkan Bursa Saham turun Terlalu Banyak.

Bursa Eropa ditutup Negatif dengan Alasan Sama, Perlambatan Ekonomi Global. FTSE -0.57, DAX -0.02, CAC -0.62. Setelah turun sangat dalam, Minyak bumi bertahan di US$ 91. Batubara dan Emas belum juga berubah.

Kemarin IHSG seharian di teritori Negatif, apakah hari ini akan Turun ke bawah 4200. Siap-siap saja karena ini Jumat, Akhir Pekan. Biasanya trader main aman melepas saham. Tetapi Nikkei dibuka Menguat 0.41%. Bursa Futures Global tampak Mixed. Bagi yang pemberani saatnya belanja, Shopping Time! Tapi ingat jika menembus ke 4100 an biarkan dahulu beberapa saat karena bisa jadi turunnya cukup cepat. Harga komoditas benar-benar belum jelas. Ada yang bilang Harga Batubara Masih akan Turun sampai Akhir Tahun. Ada yang bilang Target Harga CPO akan Mengerek AALI hingga 25000. Tapi ingat Harga Minyak Bumi saja malah Nyngsep di U$91 dan Menyeret Harga CPO Turun. Tetapi sekali lagi Penulis cukup yakin Bursa Saham tidak akan Crash sampai Akhir Tahun, ditambah QE3 juga masih cukup ampuh mengerek Harga Komoditas untuk Jangka Panjang. AALI aman belanja di 21000 an, PTBA di 15500, UNTR di 21500, UNVR kemarin seperti diperkirakan dilepas Asing. Agak pelit saja, beli di 25500. SMGR tampaknya jadi sasaran Pembelian asing ketika Komoditas Belum jelas, bisa-bisa Break All Time High lagi. ASII dan IMAS juga turun. PGAS beli di 3800 aj deh, kalau sudah turun PGAS susah naik mendekati 4000. Oh ya ada yang Pasang Target ICBP bakal ke 7200. Hari ini mungkin saatnya belanja tetapi tetap hati-hati. Jangan Greed.

Oh ya, selamat kepada Jokowi-Ahok dan pendukungnya, semoga bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi Kota Jakarta. Penulis mau ikut2an cukur kumis :)

Data Pasar Saham & Harga Saham Pilihan :

Asing mencatatkan Net Sell sebesar 184 Milyar Rupiah


Top Foreign Buy : BBRI, SMGR, PGAS, BBNI
Top Foreign Sell : ASII, TLKM, BMRI, UNVR


  



Index Futures Global


  


Disclaimer ON