Tuesday, September 18, 2012

Review Pasar Saham untuk 19 September 2012

IHSG cukup membingungkan. Kemarin Bursa Dunia koreksi, semua memerah. CPO amblas -5%, Minyak Bumi kembali ke US$ 95. Batubara Australia Indexmundi ngetem terus di 90, entah error atau memang Flat. Ditambah lagi Asing keliatan Net Buy 5.4 Trilyun. Masak Sih, keliatannya ada Crossing Saham. Ternyata pagi ini dijelaskan Analis senior bahwa ada Crossing di Saham EXCL 4884 Milyar dan BORN 278 Milyar, jadi Asing hanya Net Buy 200 an Milyar. Menipu sekali :)  Tidak ada sumber yg memadai. Penulis pribadi cenderung melepas beberapa posisi di Saham Komoditas dan Tambang, AALI, UNTR, PTBA. Sudah cukup untung, tinggal menunggu harga yang bagus untuk masuk lagi. Kalaupun tertinggal kereta ya tidak apa-apa lah. Toh QE3 menyebabkan Harga Saham Naik karena QE menyebabkan Harga Komoditas Naik sehingga Saham Komoditas ikut Naik, kalau Harga komoditasnya sendiri belum jelas, yah memang Pasar Saham dunia yang keras & liar. Hukum Rimba :)

Bursa Amerika ditutup Flat, S&P -0.13%, Nasdaq -0.03, Dow Jones +0.09%. Apple ikut mempertahankan dengan Ditutup Di Atas US$ 700 setelah Peluncuran iPhone5.

Bursa Eropa ditutup cukup Negatif. FTSE -0.43, DAX -0.76, CAC -1.15.Kekhawatiran Spanyol Tidak Mau Menerima Syarat Bantuan Eropa. Serta Lambatnya Penyatuan Bank Union Euro. Ditambah Konflik Jepang China dan Demo Dunia Arab. Semoga segera Mereda.

Hari ini Bursa Asia dibuka oleh Nikkei Positif 0.5, tetapi Index Futures masih Merah untuk Asia. Nampaknya IHSG masih Berat hari ini, kemungkinan Mixed cenderung turun, kecuali ada Sentimen Positif lagi, atau Asing Net Buy besar lagi. Setelah kabar baik, muncul Kabar Kurang Baik untuk SMGR Karena Jadwal  Penyelesaian Proyek PLTU Tonasa Molor. Kemarin SMGR turun drastis, siap-siap membeli di sekita 12500. Sedangkan AALI ada Berita Produksi CPO Meningkat, tetapi ingat harga CPO baru saja anjlok -5%, beli saham ini hanya jika di bawah 21500. UNTR dan PTBA penulis ingin menanti koreksi saja di 21500 dan 15500. Sedangkan ASII, UNVR, IMAS, JSMR masih Mixed, menunggu Naik atau tunggu saja Koreksi Dalam untuk belanja lagi. KLBF dan PGAS menunggu turun sekalian. di bawah 4000.

Data Pasar Saham & Harga Saham Pilihan :

Asing mencatatkan Net Buy sebesar 1.35 Trilyun Rupiah


Top Foreign Buy : UNTR, ASII, BMRI, BBRI, PTBA
Top Foreign Sell : GGRM, TLKM, AALI, UNVR


  



Index Futures Global


  


Disclaimer ON