Sunday, September 23, 2012

Pengaruh Harga CPO dan Minyak Bumi terhadap Harga Saham AALI secara Historis


Seminggu ini Harga Minyak Bumi menukik dari US$100 ke level US$ 91. Harga CPO pun terseret hampir -10% dari level US$995 ke level  US$ 905. Harga saham AALI pun terkena getahnya. sangat kurang beruntung, Saham AALI setelah QE 3 sempat menanjak 10% lebih dari 19500 ke 23200 terseret turun lg ke 21700.

Kali ini penulis ingin membahas pengaruh naik turunnya harga CPO terhadap harga saham AALI. Kenapa memilih AALI, selain harga saham yang stabil, GCG yang bagus, Fundamental Bagus. Jika Turun Drastis, tetapi dalam waktu singkat kira-kira sebulan segera kembali ke Zona Stabil 21000-23000. Yang paling penting Kesabaran maka Trader/Investor bisa Mendapatkan keuntungan besar dari Saham ini. Sebenarnya penulis agak kurang enak menulis hal ini karena tidak didukung data yang memadai.  Data harga CPO yang penulis dapatkan hanya selama 2 tahun dari grafik palmoilhq dan harga saham AALI dari yahoofinance :


Sumber : http://yahoo.com/finance, http://www.palmoilhq.com

Sebagai catatan harga All Time High Astra Agro Lestari pada level 27000 an pernah tercapai pada tahun 2010 sekitar bulan setelah ketika diumumkan QE 2. Setelah itu harga AALI cenderung stabil di range 19000-23000.



Sedangkan di bawah ini adalah chart naik-turunnya harga Minyak Bumi dari grafik oil-price.net :


Sumber : http://oil-price.net

Sehingga dapat ditarik kesimpulan kasar :
1. Urutan pengaruh harganya : Minyak Bumi -> CPO ->  AALI
2. Harga Saham AALI hanya bisa menembus 25000 ketika harga cpo menembus US$ 1200 an
Jika harga CPO mendekati atau di bawah US$ 900 harga saham AALI bisa terjun ke 20000 an bahkan di 19000 an. Saatnya beli.
3. Ketika saham AALI menyentuh 23000 saatnya jual, kecuali harga CPO strong up trend ke atas US$ 1200. Maka harga AALI bisa naik terus mencapai di atas 25000.
4. Harga minyak bumi bisa dipakai sebagai indikator awal kenaikan harga CPO dengan bersepekulasi bahwa harga CPO akan terkerek pula naik. Begitu juga sebaliknya jika harga Minyak Bumi turun sebagai indikator untuk memperkirakan bahwa Harga CPO akan terseret turun dan Saham AALI ikut turun.

Seperti biasa, tulisan ini hanya ide penulis yang dibuat dengan data dan pengetahuan yang terbatas dan hanya mengacu pada data historis Harga Minyak Bumi, CPO dan AALI. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi harga saham AALI.

Dan yang paling penting temperamen investasi anda dan kemampuan mengendalikan greed dan fear sehingga bisa mendapatkan saham di harga termurah dan menjual.di harga termahal. Seperti dahulu ketika kecil penulis sering diajak memancing kakak. Dengan pancing sama, umpan sama hasilnya beda. Kakak saya dapat ikan banyak besar-besar. Penulis hanya dapat satu dua ikan kecil :) Beda pengalaman, pengetahuan, feeling, timing dan kesabaran, maka hasilnya pun beda. Beberapa belas tahun kemudian penulis selalu teringat pengalaman memancing itu ketika sedang "memancing" saham. Pancing saham dengan sabar tunggu sampai umpan dimakan ikan besar. Hanya pancing di air yang tenang, tempat yang aman dan menguntungkan, hanya pancing saham Unggulan Bluechip. Setelah dapat. Tunggu dulu sampai ada Bandar/Investor Besar yg pesta menggoreng saham baru kita masak / jual. Sehingga kita bisa menikmati rasa keuntungan yg lezat optimal ;p


Disclaimer ON