Saturday, September 01, 2012

Laporan Operasional Penjualan Alat Berat UNTR Terus Turun, Harga Saham Diprediksi Ikut Turun

Kemarin Jumat Tanggal 31 Agustus 2012, IHSG ditutup Positif +0.86, Hampir Semua Saham Bluechip yang Sebelumnya Turun Drastis, Rebound Kembali Positif. Kecuali UNTR (United Tractors). UNTR tetap ditutup di teritori Negatif Sekali -5%, bahkan hanya tipis di Atas Resistance Psikologis 20000.

Nampaknya inilah penyebabnya. Setelah ditunggu-tunggu Beberapa Minggu Setelah Lebaran akhirnya Laporan Operasional Bulanan UNTR Untuk Bulan Juli 2012 Keluar. Bisa Dibaca disini. Hasilnya cukup Mengecewakan, Penjualan Alat Berat dengan Merk Komatsu Terus Turun, Bahkan lebih Rendah Dari Bulan Kemarin :


http://unitedtractors.com/app/webroot/monthfiles/123.pdf

Jika dijumlahkan Year to Year (YoY) Masih Lebih Rendah dari Tahun Kemarin. Sehingga jika Ingin Mengejar Target Penjualan minimal seperti Tahun Kemarin, Maka UNTR Harus mengejar Sisa Bulan di Tahun Ini Harus Menjual Jauh Lebih Banyak Lagi. Sepertinya Sangat Berat. Tetapi Harus diingat Bahwa Market Sharenya Masih 44% dan Produksi  Kontraktor Batubara Mengalami Peningkatan YoY :




http://unitedtractors.com/app/webroot/monthfiles/123.pdf

Karena UNTR juga Mempunyai Bidang Usaha Lain, Dua Anak Usaha Yang Terbesar Adalah Kontraktor dan Tambang Batubara PAMA (Pama Persada) dan TTA (Tuah Turangga Agung) yang Diakusisi United Tractors pada Tahun 2008. Hasilnya cukup Bagus, Bahkan TTA Menghasilkan Penjualan Yang Terus Naik :

http://unitedtractors.com/app/webroot/monthfiles/123.pdf

Kesimpulan yang Bisa Diambil Penulis. UNTR mungkin sudah Menjadi Perusahaan yang Cukup Mature, sehingga Ekspansinya tidak Secepat Beberapa Tahun yang Lalu. Dan sekarang Sudah Mulai Banyak Persaingan Dari Perusahaan yang Lebih Muda seperti KOBX, HEXA, GTBO dan Tentu Saja dari Perusahaan yang Jauh Lebih Mature seperti BUMI, PTBA, ADRO, ITMG. Sehingga Pasar Bisnisnya pun Berkurang.

Nah kemudian kembali mengingat lagi ke niat asal kenapa Penulis harus susah-susah Menganalisa UNTR, tidak Memilih saja Perusahaan Tambang Batubara atau Kontraktor Tambang Batubara yang Lain. Ternyata Penulis teringat Kata Lo Kheng Hong, tokoh Investor Saham Indonesia yang Dijuluki Warren Buffett-nya Indonesia. Beliau mengatakan Dalam Memilih Perusahaan yang Paling Utama adalah Manajemennya, Apakah Bagus, Menerapkan Transparansi GCG (Good Corporate Governance), Jangan Yang Suka Mengambil/Menghabiskan Uang Investor Seenaknya. Nah Rumus Beliau yang Sangat Gampang untuk Perusahaan dengan Manajemen dan GCG Bagus adalah BUMN + Unilever + Astra. United Tractors adalah salah satu Perusahaan di Group Astra yang Pernah Memberi Beliau Gain Hingga 6000%. Nah, mungkin Beliau sudah Tidak Lagi Melihat UNTR sebagai Perusahaan dengan Ekspansi yang Sangat Cepat seperti yang Biasa Beliau Incar. Tetapi Tentu Saja Termasuk Perusahaan dengan 'Kualitas' Bagus. Walaupun Harga Sahamnya Masih Akan Terus Naik, Tetapi Tidak Bisa Lagi Melejit Ribuan Persen dalam Beberapa Tahun. Tetap Saja Perusahaan dengan Kualitas Manajemen dan Transparansi GCG Bagus, Buktinya tetap Mau Mempublish Laporan Operasional Penjualan Bulanan Walaupun Sedang Buruk. Seperti Halnya PTBA, Utang UNTR juga Tidak Besar, Masih dalam Taraf Wajar, Tidak Seperti BUMI yang Hutangnya Terlalu Besar Sampai diancam Moody's akan Didowngrade

Sebenarnya ingin juga Menganalisa Sampai Laporan Keuangan, tetapi Karena Keterbatasan Waktu kita Lihat Saja Sekilas Sejarah Laporan Keuangan 5 Tahun Kemarin dari FT.com.


http://markets.ft.com/Research/Markets/Tearsheets/Financials?s=UNTR:JKT

Masih Sangat Bagus, kemudian kita cek juga Income Tahun ini Per Kuartal kemarin :


http://markets.ft.com/Research/Markets/Tearsheets/Financials?s=UNTR:JKT&subview=IncomeStatement

Cukup Bagus, juga walaupun Hanya Naik Tipis Masih bisa Memaksimalkan Keuntungan dari Tambang dan Kontraktor Batubara, serta Meminimalkan Beban Usaha. Kemudian Kita Lihat Konsensus Analis.


http://markets.ft.com/Research/Markets/Tearsheets/Forecasts?s=UNTR:JKT

Ternyata Masih Banyak yang Merekomendasikan Buy. Kesimpulannya, Penulis Tetap Ingin Berinvestasi di United Tractors (UNTR) dengan Catatan Tunggu dahulu sampai Menyentuh Harga yang Lebih Bawah Lagi, kira-kira di 19000 an, Lebih Bagus Lagi jika di Bawah 19000. Karena jika Harga Batubara sudah Naik Lagi, dan Sekarang Sudah Stabil di Level 90 U$. Sudah Mulai Naik Sedikit-Sedikit dengan Permintaan yang Mulai Naik dari China, India dan Jepang. Amerika juga Sudah Mulai Mengimpor Batubara untuk Mencegah Harga Minyak Naik Lagi.


http://www.reuters.com/finance/stocks/chart?symbol=UNTR.JK

Santai saja, amati Harga, jika sudah Rebound Seperti Harga Saham IMAS. Maka baru bisa mulai Mencicil Membeli. Sedikit demi Sedikit saja. Bagi yang Mempunyai Dana Berlimpah bahkan bisa Membeli dari Harga 20000 sedikit, 19000 sedikit dst, Average Down, Average Up. Bagi yang Bermodal Cekak hanya bisa memberi Beberapa Lot ya Harus Lebih Sabar dan Selektif. Tunggu Harga Stabil atau Rebound. Ingat Harga Saham UNTR Masih Akan Turun dalam Beberapa Hari atau Minggu Ke Depan. Berhati-hatilah dengan Sifat Greedy (Rakus)

Selamat Berinvestasi dan Hidup dengan Tenang.

Disclaimer ON