Monday, May 14, 2012

Sekarang Saatnya Membeli Emas ?

Saatnya membeli Emas ? Jawabnya selalu Ya. Itu jika anda ingin menggunakan Emas sebagai sarana tabungan atau lindung nilai kekayaan. Tetapi jika anda ingin Emas sebagai Investasi jawabnya tetap Ya, sekarang saatnya membeli emas, hanya saja anda harus menunggu lama (minimal 1-2 tahun) untuk merasakan kembali booming harga emas seperti tahun 2011 yang hampir menyentuh $2000 USD per troy onz.

Berikut data harga emas sebulan terakhir :

Sumber : kitco.com

Harga emas setahun terakhir :

Sumber : kitco.com

Harga emas dikonversikan ke harga emas dalam rupiah sebulan dan setahun terakhir :

Sumber : emas24.com


Sumber: logammulia.com (antam)

Harga emas antam yang dijual lewat pegadaian (mewakili harga emas fisik yang bisa didapatkan di sekitar kita / hampir di seluruh kota di Indonesia ada) :

Sumber : pegadaian.co.id

Terlihat hari ini tanggal 15 Mei 2012 tetapi harga emas di website pegadaian tidak diupdate, masih tanggal 30 April 2012. Ini sudah biasa, penjual emas akan malas-malasan dan tidak semangat ketika harga emas anjlok berbulan-bulan seperti ini. Untuk lebih update bisa bertanya langsung di Pegadaian sekitar anda.

Dari harga fisik di atas ternyata tidak turun banyak harga emas secara fisik, cenderung stagnan di Rp.520.000 , kenapa sebab rumus konversi harga emas dunia ke harga emas rupiah dipengaruhi dollar, lihat tulisan sebelumnya

Belum lagi produsen / penjual emas tidak mau rugi dan akan lebih berhati-hati saat harga emas dunia turun.

Meurut pendapat penulis, harga emas dalam rupiah sudah sulit sekali untuk turun di bawah 500ribu rupiah. Karena dollar juga semakin menguat terhadap rupiah dan Krisis Eropa mulai mengkhawatirkan lagi sehingga kemungkinan harga emas malah akan naik lagi.

So, para investor emas, di masa penurunan harga emas ini ketangguhan anda diuji. Sekaranglah saat membeli emas. Deal or not deal?