Tuesday, May 01, 2012

Menambahkan Gadget Harga Saham (Stock Price) Update ke Blog atau Web


Apabila anda ingin menambahkan Harga Saham, maupun Indeks Bursa Saham Indonesia, Regional maupun Index Saham Dunia yang selalu update, seperti yang dimiliki Web ini (di samping kanan). Anda dapat menggunakan Google Gadget. Caranya kunjungi URL berikut
http://www.google.com/ig/directory 

atau 

http://www.google.com/ig/directory?synd=open

Kemudian ketikkan kata kunci pencarian untuk mencari Gadget yang menampilkan update harga saham atau bursa. Misal keyword : finance, atau Stock.


Kemudian pilih salah satu Gadget, misal Assoc Finance - Stock Market Indexes by Investman




 Atau pilih Stock Quotes by Webbed Monster.

Konfigurasikan dahulu Gadget ini, masukkan simbol saham (Quotes Symbol) yang diinginkan. Karena Gadget ini mengambil informasi dari Yahoo Finance, maka harus mengikuti simbol dari Yahoo Finance. Misal :
- ^JKSE untuk IHSG
- ^HSI untuk Hang Seng
- ^DJI untuk Dow Jones
- ASII.JK untuk Astra International Tbk.
- UNVR.JK untuk Unilever Indonesia
- JSMR.JK untuk Jasa Marga
- KLBF.JK untuk Kalbe Farma
- TLKM.JK untuk Telekomunikasi Indonesia (Telkom)



Klik Preview (Lihat Dulu Perubahan) untuk melihat perubahan yang telah dilakukan. Kemudian Klik Get Code (Dapatkan Kode) untuk mendapatkan kode, misal :
<script src="//www.gmodules.com/ig/ifr?url=http://hosting.gmodules.com/ig/gadgets/file/100840413740199312943/stock-quotes.xml&amp;up_stockList=%5EJKSE%2C%5EHSI%2CUNVR.JK%2CASII.JK%2CJSMR.JK&amp;up_chart_bool=1&amp;up_font_size=12&amp;up_symbol_bool=0&amp;up_chart_period=0&amp;up_refresh_secs=30&amp;synd=open&amp;w=290&amp;h=300&amp;title=Stock+Quotes&amp;border=%23ffffff%7C3px%2C1px+solid+%23999999&amp;output=js"></script>

Masukkan ke dalam Web atau Blog anda, ingat harus dimasukkan dalam mode HTML jangan dalam mode Compose atau Design.