Thursday, May 03, 2012

Mudah Memilih Saham dengan Stock Screener Instan Web Finansial

Stock Screener adalah fasilitas penyaring valuasi saham, atau dalam Bahasa Indonesia kira-kira proses memfilter atau menyaring saham dengan tujuan mencari Saham dengan nilai valuasi terbaik, yaitu Saham milik Perusahaan dengan kondisi keuangan dan keuntungan yang paling baik dengan harga Saham yang paling murah. Sehingga kemungkinan mendapatkan keuntungan dari kenaikan seoptimal mungkin.

Bagaimana prosesnya? Tentu saja jika ingin melakukan stock screen sendiri harus membaca laporan keuangan dari semua perusahaan yang ada di Bursa Saham Indonesia satu-persatu sekitar 300an perusahaan, kemudian dianalisa, divaluasi dan diurutkan akhirnya dapatlah urutan Saham Perusahaan dengan Valuasi terbaik tetapi Harga Saham termurah.

Tentu report sekali dan memakan waktu dan tenaga yang banyak sekali, tetapi itulah harga yang harus dibayar untuk menjadi Investor yang sukses. Tetapi adakah cara yang lebih sederhana dan cepat? Di zaman yang serba instan ini tentu saja ada hehe. Kita pakai saja fasilitas stock screener milik Web-web Finansial. Misalnya :

1. FT.com
http://markets.ft.com/screener/customScreen.asp

2.Reuters.com Finance
http://stockscreener.us.reuters.com/Stock/US/Index?quickscreen=gaarp

3.Yahoo.com Finance
http://screener.finance.yahoo.com/stocks.html

4.Wall Street Journal.com
http://online.wsj.com/public/quotes/stock_screener.html

5. Google Finance
http://www.google.com/finance/stockscreener

Dari kelima Web yang menyediakan fasilitas Stock Screener tersebut, ternyata hanya ada dua yang bisa digunakan untuk Stock Screen Saham Bursa Indonesia, selain itu hanya menyediakan Stock Screener untuk Saham-Saham Amerika dan Eropa. Kedua Web yang paling atas, yaitu milik FT.com dan milik Reuters.com Finance mampu digunakan untuk memfilter saham dari hampir semua Pasar Saham di negara Maju dan Berkembang, Asia, Eropa, Amerika, Australia dan Afrika, termasuk Indonesia. Silakan dicoba.

Bagaimana cara menggunakan fasilitas Stock Screener tersebut? Akan penulis bahas pada tulisan selanjutnya :
- Menyaring dan Memilih Saham dengan Stock Screener FT.com
- Menyaring dan Memilih Saham dengan Stock Screener Reuters.com Finance