Wednesday, May 02, 2012

Memperoleh Konsensus Rekomendasi Analis Saham Buy, Hold atau Sell

Kadang kita mendengar istilah Consensus Analyst Recomendation atau bahasa Indonesia-nya Konsensusdan Rekomendasi dari para Analis pasar saham. Artinya mereka para analis profesional, setelah menghitung valuasi perusahaan, menganalisa prospek masa depan perusahaan dan sebagainya kemudian muncullah rekomendasi dari ahli pasar saham tersebut apakah saham perusahaan layak Beli (Buy), Outperform, Hold (Tetap Pegang), Underperform, atau Jual (Sell).

Kemudian mereka para analis juga akan mengeluarkan juga Perkiraan Penghasilan (Estimated Earnings). Artinya ramalan atau perkiraan atas masa depan keuangan dan penjualan dari perusahaan yang bersangkutan, apakah naik, tetap atau malah turun, berapa persen dsb.

Kenapa disebut Konsensus?, karena Rekomendasi dan Estimasi ini tidak hanya diputuskan oleh satu orang, tetapi oleh satu tim analis, yang biasanya bernaung di bawah satu institusi keuangan, misal bank, perusahaan sekuritas, atau broker saham.

Di mana bisa kita baca rekomendasi yang kelihatannya 'resmi' tersebut? Sayangnya kebanyakan berbayar, misalnya : Bloomberg, eSamuel, Bahana Sekuritas, Mandiri Securities, BNI Securities (nah penulis punya nih account di sini hehe),  sampai Morgan Stanley, Goldman Sachs, Credis Suisse, dll masih banyak banget dan bayar semua.

Nah, penulis ternyata menemukan paling tidak ada satu web yang menampilkan rekomendasi analis yang tidak berbayar yaitu milik Reuters Finance dengan URL http://reuters.com/finance. Dan karena nama besar dari kantor berita Reuters, seharusnya rekomendasi dan estimasi analis yang ditampilkan ini cukup valid.



Coba kita liat cara pemakaiannya, silakan diakses http://reuters.com/finance, kemudian pada bagian Search News and Quotes masukkan kode saham (Quotes Symbol) dari perusahaan yang diinginkan, mirip dengan simbol saham dari Yahoo Finance, yaitu kode saham perusahaan Indonesia diakhiri dengan titik JK (.JK). Misalnya :

ASII.JK untuk Astra Internasional
UNVR.JK untuk Unilever Indonesia
JSMR.JK untuk Jasa Marga
KLBF.JK untuk Kalbe Farma
TLKM.JK untuk Telekomunikasi Indonesia (Telkom)
dst.

Kemudian tekan enter, setelah muncul Overview dari Perusahaan yang bersangkutan kemudian klik menu / link Analyst.



Pada bagian atas ditampilkan Consensus Recommendations yang merupakan kesimpulan atau rata-rata dari seluruh Rekomendasi Analis. Kemdian di bawahnya ada Analyst Recommendations and Revisions, yang merupakan detail dari Rekomendasi Analis dan Revisinya, berapa yang memberikan Rekomendasi Buy, Hold, Sell dan seterusnya, serta sejarah rekomendasinya, 1 Bulan - 3 Bulan yang lalu.



Kemudian di bawahnya lagi ada Consensus Estimates Analysis atau Konsensus Analis untuk Perkiraan Pendapatan Perusahaan, yang terdiri dari Sales (Penjualan) dan Earning Per Share (Penghasilan Per Saham).



Apakah ada web lain yang memberikan Konsensus Analis serupa yang juga gratis? Penulis belum menemukan lagi, jika ada yang menemukan mohon bisa berbagi untuk sekedar referensi pembanding atas keputusan-keputusan Investasi atau Trading kita.