Wednesday, August 29, 2012

Review Pasar Saham untuk 30 Agustus 2012

Bulan ini Pasar Saham benar-benar Penuh Ketidakpastian. Bursa Global Naik-Turun tanpa Arah yang Jelas. Ditambah Kemaren Bursa Indonesia Gonjang-ganjing gara-gara Saham BUMI Anjlok -10%, hampir seluruh Saham IHSG terutama Emiten Batubara Tertulari Turun Semua. Belum Lagi Kelihatannya Eropa Memburuk, Salah Satu Provinsi Spanyol Meminta Bantuan Finansial.  Amerika diancam Fitch Akan Didowngrade.  Ada indikasi menyebabkan Pemodal Asing menarik Dana dari Indonesia untuk Memperkuat Struktur Permodalan di Bank/Negaranya Sendiri.Kacau!!!

Bursa Amerika Naik Tipis, dengan Volume Perdagangan Terendah Tahun ini, Masih Menunggu Pertemuan Pemimpin Ekonomi Global Amerika dan Eropa bertemu di Jackson Hole. Dow +0.03%, S&P +0.08%, sedangkan Nasdaq +0.13%.

Sedangkan Bursa Eropa Berakhir Mixed Cenderung Negatif, FTSE -0.56%, DAX +0.11%, CAC -0.51%.

Hari ini Index Futures Asia masih Merah, Negatif Tipis. Kemungkinan IHSG juga masih akan Turun. Ingat kemarin Asing sudah Net Sell.

Harga Emas tampaknya mulai Melorot lagi karena Harapan Stimulus Memudar. Minyak Bumi juga Melorot, menyeret Harga CPO Turun dan Batubara Stagnan. Saham Batubara dan CPO, PTBA, AALI harus ekstra hati-hati, Kemarin sudah lepas di harga Untung atau Impas. Berjaga-jaga kalau harga turun semakin dalam. Tunggu harga tenang untuk Koleksi lagi, paling tidak Hari Senin, setelah Jackson Hole. Semua Saham hanya bisa Wait and See. Kecuali anda dengan Dana Ekstra Melimpah bisa mulai Mancing dikit-dikit kalau Suatu saham Turun lebih dari -5%, Misal Kemarin PTBA di 14300, JSMR di bawah 5700, ASII di bawah 6800, IMAS di bawah 5500, KLBF di bawah 3700, SMGR di bawah 12300. dan yang Kita Tunggu, UNVR di bawah 24500. Jangan menggunakan Dana lebih dari 20%. Jangan Greed, berhati-hatilah. Untuk yang bermodal cekak seperti penulis, saran hanya satu, Wait and See sampai hari Senin. Pasar Saham Masih Terlalu Rude (liar), Istilah Penulis, kurang Baik untuk Kesehatan Kita (Finansial maupun Psikologis). Menyiapkan diri untuk Penurunan yang lebih Dalam. Mau Ketinggalan Kereta kek, Tidak apa-apa, yang Penting Selamat.

Data Pasar Saham & Harga Saham Pilihan :

Asing mencatatkan Net Sell sebesar 281 Milyar Rupiah


Top Foreign Buy : INDF, BBRI, UNVR
Top Foreign Sell : BMRI, BBRI, SMGR, BBCA


  



Index Futures Global


  


Disclaimer ON