Wednesday, August 15, 2012

Review Pasar Saham untuk 16 Agustus 2012

Yep, akhirnya kita sampai pada hari terakhir sebelum libur panjang Lebaran. Bursa Amerika kemarin berakhir mixed, Dow -0.06%, S&P +0.11%, sedangkan Nasdaq menanjak +0.46% karena Pendapatan Cisco melebihi Perkiraan Analis. Penulis bertanya-tanya, apakah Obama yang tetap menjaga S&P Positif menjelang Pemilu Presiden AS, hanya mengira2 saja.
Sebelumnya Bursa Eropa Berakhir Negatif, Bursa Global Berusaha Bertahan, FTSE -0.54%, DAX -0.40%, CAC -0.03%.

IHSG kemarin nampaknya tidak peduli dengan libur panjang dan Regional yang Negatif dan Rebound Naik didorong oleh Asing. Apakah perkiraan penulis benar yaitu ada skenario Asing untuk mengerek IHSG menembus All Time High habis lebaran? Kita lihat saja, karena S&P juga dijaga Obama selama menjelang Pemilu Presiden AS.

JSMR stagnan, KLBF diluar perkiraan Naik ke 3975 mau menembus 4000, tinggal Panen buat yang sangat sabar terhadap 2 saham ini. ASII menembus 7350, UNVR bertahan di level All Time High 25450, UNTR bertahan di 22150, PTBA masih struggle di 14900. Untuk JSMR bisa koleksi lagi hanya di 3700, ASII, UNVR, KLBF cuma tinggal nonton, sudah terlalu tinggi untuk koleksi. UNTR dan PTBA masih menunggu kesabaran kita untuk naik, dengan catatan Harga Minyak sudah menyentuh 94 U$ Dollar, seperti kata orang, masak sih harga Batubara tidak mengikuti.

TLKM luar biasa dari kemarin lusa Top Foreign Sell menyentuh 8750 kemarin jadi Top Foreign Buy menyentuh 9200, sangat langka dan menipu penulis yang keburu melepas TLKM di harga 8900 sampai ada analis yang khusus menganalisa Resisten TLKM padahal setengah tahun yang lalu tidak ada yang mau membahas saham ini ketika sedang terpuruk. AALI harganya cenderung turun, tetapi bertahan di sekitar 22000 karena Produksi Terus Naik walaupun Harga CPO Turun. Diluar kebiasaan, penulis terpaksa mengomentari Group Bakrie, kemarin Saham Bakrie dihajar oleh berita Hindari Saham Bakrie. Karena memang BUMI merugi dan sahamnya menyentuh di bawah 1000 perak lagi. Semoga IHSG menjadi semakin sehat karena Investor mau lebih menghindari Saham Gorengan2 dengan Kinerja dan Fundamental yang Tidak Jelas serta Utang yang luar biasa Besar.

Penulis mengucapkan Selamat Lebaran, Minal Aidin wal Faidzin. Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Data Pasar Saham & Harga Saham Pilihan :

Asing mencatatkan Net Buy sebesar 315 Milyar Rupiah


Top Foreign Buy : ASII, TLKM, INTP, KLBF
Top Foreign Sell : IMAS, BUMI, UNTR, BBCA


  


Disclaimer ON