Sunday, August 26, 2012

Keuntungan dari Pergerakan Harga Saham Terbaik UNVR (Historis Saham)

Beberapa Waktu yang lalu Saham Unilever Indonesia (UNVR) dinobatkan menjadi Saham Terbaik di Bursa Efek Indonesia (BEI) Menggeser Posisi ASII yang waktu itu sedang terpukul oleh Kenaikan Harga BBM dan Peraturan DP Minimal 30% untuk Kredit Kendaraan. Memang Perusahaan

Yang sangat mengejutkan ternyata teori yang ada di kepala penulis terbukti, yaitu UNVR akan break All Time High, menembus harga tertingginya dengan cara yang sangat menarik, yaitu melonjak di atas 5-6%. Hal ini terjadi kemarin Kamis 23 Agustus 2012 sekitar jam9.45 harga langsung menanjak ke 27100. Untung penulis cepat-cepat sadar dan mengcapture kejadian itu :


Uniknya beberapa menit kemudian harga langsung turun ke 26150, langsung gembos 3% lebih.




Tetapi sehari itu harga masih naik turun, bahkan pada sekitar pukul 3 sore harga sempat kembali ke Pembukaan Semula 0%


Bahkan mendekati penutupan ternyata masih sempat ke teritori negatif pula, ya namanya juga pasar saham. Sangat-sangat liar seperti Hutan Belantara atau Lautan Luas. Yang Kuat Memakan Yang Lemah. Yang Pintar Menghancurkan Yang Bodoh. Yang Tenang Sabar Mengalahkan Yang Rakus Terburu-buru.


Akhirnya saham UNVR ini ditutup negatif juga, aneh sekali. Tetapi bayangkan jika anda pas beli 1 Lot saat pembukaan katakanlah di harga 25500, jadi 25500 * 500 = sekitar 12.75juta rupiah. Kemudian jual di harga tertinggi sekitar 27000, jadi 27000 * 500 = 13.5 juta. Jadi untung 700ribuan (5%) dalam 1 hari dari Saham Terbaik di Bursa Efek Indonesia, tentu saja dengan resiko yang sangat minimal karena Saham Terbaik tentu saja Kemungkinan besar selalu naik.


Jika dilihat dari jumlah saham yang diperdagangkan tidak banyak, hanya beberapa ribu sampai sepuluh ribu lembar per hari. Memang untuk ukuran Perusahaan Super, Unilever sudah memiliki Investor yang sangat mapan, jadi saham yang beredar setiap hari hanya sedikit. Itulah kenapa volatilitasnya sangat tinggi ketika sedang goreng-menggoreng antar Trader.

Sekarang coba kita liat historis harganya paling tidak 5 tahun ke belakang


Sumber : http://finance.yahoo.com/echarts?s=UNVR.JK+Interactive#symbol=unvr.jk


Sumber : http://www.reuters.com/finance/stocks/chart?symbol=UNVR.JK

Dari grafik di atas kelihatan bahwa selama 5tahun Saham UNVR selalu menanjak, memang ada saat dimana Saham ini stagnan, tetapi tidak lebih dari 5 bulan dan itu pun tidak turun, tetapi hanya mendatar. Jadi jika Saham kita nyangkut asal sabar ya sekita 5 bulan semoga bisa lepas lagi, atau jika ingin lebih cepat lepas jual tanpa rugi masih bisa dengan Average Down.

Kesimpulannya, Taktiknya sederhana. Beli ketika Saham UNVR turun di 10% dari Harga Puncak atau lebih bagus lagi ketika hari itu terkoreksi sekitar 4-5%. Dan jual sesuka anda, misalnya ketika suatu hari dimana sudah untung 10% dari harga beli atau hari itu naik melejit 5-6%, lebih bagus lagi jika saat break All Time High lagi. Untuk saham yang bagus seperti ini Penulis ingatkan lebih penting untuk tidak Greed, artinya jika kita telah menjual Saham dan ternyata harga masih naik terus, JANGAN BELI lagi untuk mengharap keuntungan yang lebih besar. Biarkan dahulu sampai harga turun atau mengalami koreksi. Kecuali anda Trader yang sangat berpengalaman. Kasihanilah psikologis Anda sebagai Investor. Greed lebih menghancurkan daripada Fear.

Dengan segala keterbatasan Analisa Penulis. Cukup yakin untuk memutuskan 70% Greed : 30% Fear. Penulis akan berani alokasikan 70% dari Total Aset (Portofolio Saham + Cash), jika saham UNVR turun 10% dari harga puncaknya. Untuk sekarang ini berarti bisa koleksi lagi di Harga 90% * 27100, kira-kira di harga 24500 ke bawah.

Untuk lebih meyakinkan diri akan kehebatan Saham UNVR ini, penulis akan coba bahas Fundamental Saham UNVR di tulisan yang lain :)

Salah satu "Tambang Emas" Unilever. Mmmm.. Lezatt...


Selamat Berinvestasi, Semoga Untung dan Hidup Tenang.

Disclaimer ON.