Tuesday, July 24, 2012

Review Pasar Saham untuk 25 Juli 2012

Pasar mulai masuk fase pulih, tapi apakah ini hanya sebuah 'dead cat bounce'? (istilah yang menurut penulis ngeri sekali) tetapi itulah istilah yang dipakai para Analis saham untuk menggambarkan pasar yang rebound sejenak setelah turun sangat dalam untuk kemudian turun lebih dalam lagi, crash.

Marilah kita lihat dari kondisi bursa global. Bursa Amerika berakhir Negatif karena Krisis Eropa, rata2 turun -0.90%. Sedangkan bursa Eropa tentu saja Negatif, Setelah sempat Naik sedikit karena Data Manufaktur China, kemudian Data PMI Jerman tidak bagus, Bursa Eropa berakhir negatif juga rata2 -0.5%, apalagi ada Pertemuan Trioka dan Yunani bulan Agustus, jika Yunani tidak memenuhi syarat maka tidak akan mendapat bantuan lagi sehingga Yunani akan Bangkrut di Bulan September (heboh banget tetapi belum tentu sesuai skenario itu walaupun sepertinya negara2 Eropa lain sudah kehilangan kesabaran).

Pagi ini Bursa Jepang langsung dibuka Negatif, ketika tulisan ini ditulis sudah minus -1.4%, so lupakan dahulu Sentimen Dalam Negeri. Bursa Indonesia IHSG masih akan bergerak Negatif atau Flat. TLKM sudah anjlok -3%, dan sesuai sejarahnya mungkin akan meluncur sampai 7000 an. Saham Pertambangan dan Alat Berat UNTR dan PTBA bisa jadi tidak akan kemana-mana sebelum Harga Batubara Naik Lagi. SMGR tampak berjuang ke 12000 karena Diborong Asing. UNVR, ASII, KLBF, JSMR boleh dicicil sedikit-sedikit. Ingat jangan Tamak (Greed). Khusus UNVR tampaknya bagus bisa dapat di Harga 21000 an.

Bagi penggemar Adrenalin cocok untuk Speculative Buy Saham IMAS, produsen mobil Ertiga ini sudah dua kali Sahamnya turun ke 6700 kemudian naik lagi ke 7800, seperti roller coaster. Berani?

Data Pasar Saham & Harga Saham Pilihan :

Asing mencatatkan Net Sell sebesar 131 Milyar Rupiah

Top Foreign Buy : PGAS, INTP, BMRI, SMGR
Top Foreign Sell : ASII, UNTR, IMAS, TLKM


  


Disclaimer ON