Sunday, July 22, 2012

Mengecek Penjualan Alat Berat UNTR (United Tractors)

Bulan-bulan ini cukup berat untuk Investor / Trader yang memegang Saham Perusahaan Tambang, khususnya yang bergerak di sektor Tambang Batubara. Salah satunya Saham United Tractors (UNTR). Penulis masih mempunyai Saham UNTR yang nyangkut di level 23000 an.

Kemarin Jumat (20 Juli 2012) setelah berhasil mencapai harga 22800 saham UNTR Jumat Pagi tiba-tiba anjlok lagi -3% ke level 21700. Benar-benar membuat Shock. Ternyata siangnya ada berita penjualan Alat Berat UNTR di bulan Juni turun dari Bulan sebelumnya. Penulis penasaran dari mana Berita itu berawal? Apakah UNTR memang memberikan rilis resmi atau didapatkan dari informasi Pihak Dalam UNTR?

Ternyata ketemu di link berikut, Monthly Operational Update United Tractors, disitu memang dirilis resmi oleh UNTR berapa Alat Berat yang berhasil Dijual pada Bulan Juni dan bulan-bulan sebelumnya.

Pertanyaannya apakah kita selalu bisa lebih cepat atau paling tidak sama cepat untuk mengetahui Informasi tersebut dengan para Fund Manager kakap, atau yang mereka sebut 'Bandar'? Atau apakah kita harus memanfaatkan Relasi dengan Orang Dalam UNTR? Kali ini sudah terlambat :) Lain kali kita coba untuk lebih cepat, taktis dan tidak melakukan kesalahan. Saham yang nyangkut masih bisa di Average Down.

Apalagi UNTR adalah salah satu Perusahaan Terbaik di Bursa Indonesia, dengan Fundamental yang sangat kuat. Bersama dengan groupnya Astra International (ASII) dan Astra Agro Lestari (AALI) dengan Fundamental Bagus, yang informasi penjualan Mobil, Motor dan CPO nya selalu bisa dipantau. Begitu juga dengan harga Kurs Rupiah, BBM, Batubara dan Kelapa Sawit yang selalu bisa dicek (akan penulis bahas pada tulisan-tulisan selanjutnya). Semoga kita bisa berinvestasi pada Perusahaan-perusahaan tersebut dengan Hati yang Tenang dan Nyaman. Selamat Berinvestasi !