Monday, April 23, 2012

Mencuri Start Bid dan Offer Sesaat Sebelum Pasar Saham Buka

Kadang ada orang bilang "posisi menentukan prestasi", itu ada benarnya. Tidak hanya untuk membuka bisnis, menilai properti atau saat ujian di sekolah dulu hehe. Tetapi juga sangat berpengaruh di pasar modal.

Contohnya saat penulis Bid saham Telkom (TLKM), saat itu di harga 6750, ternyata Bid yang secara bersamaan menawar harga 6750 ada sekitar 10,000 lot. Bayangkan penulis yang hanya mau membeli beberapa gelintir lot harus antri 'berdesak-desakan' dengan Trader/Investor lain. Jika saat itu hanya ada sekitar 5,000 lot yang akan dijual oleh Trader/Investor lain, maka secara otomatis 5,000 lot Bid penawaran yang lain tidak akan tereksekusi atau mendapatkan transaksi saham yang diharapkan. Nah pertanyaannya bagaimana agar kita memiliki posisi yang di 5,000 lot depan bukan yang 5,000 lot di belakang. Kalau bisa sedepan mungkin deh.

Sebagai orang yang rajin mencari posisi yang menguntungkan maka kita bisa melakukan hal ini :

1. Memasang posisi Bid atau Offer sepagi mungkin saat pasar Bursa Saham Indonesia buka yaitu pukul 09.30 tepat.
Tetapi itu pun anda masih bisa kalah dengan Trader/Investor lain, jangan khawatir masih ada trik lain, yaitu :

2. Memasang posisi Bid atau Offer sepagi mungkin saat pasar Bursa Saham belum buka secara total tapi sudah membuka transaksi saham-saham Blue Chip (LQ45) sebagai mekanisme pembentukan harga pembukaan. Nah transaksi ini dimulai pukul 09.10 tepat dan berakir pukul 09.20. Dimana pada pukul 09.20-09.30 ada tidak dapat bertransaksi karena Sistem Server Bursa sedang melakukan kalkulasi pembentukan harga pembukaan. Jadi sebaiknya pukul 09.10 ada sudah mulai memasang posisi Bid atau Offer anda.
Nah jika saat itu entah karena suatu sebab anda ingin sekali segera menjual suatu Saham karena khawatir harganya semakin amblas turun. Atau anda ingin segera membeli suatu Saham karena khawatir harganya semakin terbang tinggi. Maka di saat genting itulah trik ini bisa anda gunakan :

3.Memasang posisi Bid atau Offer sepagi mungkin saat pasar Bursa Saham membuka transaksi untuk pembentukan harga pembukaan pasar, yaitu pukul 09.10. Pasanglah Bid dengan harga Bid diatas harga penutupan atau jika Offer dengan harga Offer dibawah harga penutupan. Semakin tinggi harga Bid, semakin anda diprioritaskan. Semakin rendah harga Offer semakin anda diprioritaskan.
Misal : jika saat itu harga pembukaan Saham TLKM terbentuk di harga 6.750, kemudian ada yang memasang Bid di harga 6.850 dan ada pula yang memasang Bid di harga 6.750, maka Bid di harga 6.850 lebih diprioritaskan dari Bid di harga 6.750, walaupun eksekusinya sama-sama di harga 6.750. Dan bisa jadi yang Bid di harga 6.750 belum akan tereksekusi karena jumlah Offer belum sampai menyamai atau melebihi jumlah Bid.
Dan sebaliknya, hal yang sama juga berlaku untuk transaksi jual atau Offer.

Tentu saja resikoselalu ditanggung penumpang, bukan supir :)

Sebagai contoh pernah penulis memperkirakan Saham UNVR sudah sampai Bottom dan akan segera Naik. Jadi penulis memasang Bid Saham UNVR saat itu di harga 18.500. Ternyata harga yang terbentuk 18.100 sehingga Bid yang dipasang penulis tereksekusi di harga 18.100, dan hari itu harga saham UNVR terus turun sampai 17.200. Memang trik ini sangat beresiko, jadi anda harus menggunakan Trik ini dengan hati-hati.

Disclaimer ON